Study Tour Kotabaru : Jum'at, 27 Desember 2013

Hari ini entah mengapa saya bangun pagi (nggak seperti biasanya pas liburan) karena dengar suara orang yang ngetok-ngetok pintu kamar.. Dalam pikiran saya pasti itu salah satu teman yang lagi mau ngejailin *padahal masih ngantuk banget. Padahal mau lanjut tidur lagi tapi malah mata ini tak mau tertutup kembali.
Alhasil saya bangkit dari tempat tidur dan mengambil peralatan mandi. Setelah selesai mandi bukannya tambah segar malah ngatuk lagi.

*Suasana di luar penginapan pas masih pagi-pagi banget

Pas mau kembali ke tempat tidur, teman-temanku (Biki, Rizki, Farida, Khonsa, Cahya, Hasti, Luluk) ngajakin ke pelabuhan. Nggak jadi deh rencana buat tidur lagi. Letak pelabuhannya juga tidak terlalu jauh dari penginapan dan juga dekat dengan siring.
*ini nih jalan ke pelabuhannya
*kalau yang ini tempat kami semua nginap, letaknya pas di depan siring

Pas lagi jalan-jalan di sekitar pelabuhan, Mauna dan lain-lainnya datang. Ternyata mereka sudah dari siring jadi kami semua jalan-jalan lagi menuju siring.. Suasananya enak juga ternyata, bisa ngeliat ikan, lautan, dsb. Di sekitar siring ini kalau malam hari rame banget kaya ada pasar gitu dan kalau di siringnya jadi tempat ngumpul mulai dari orang tua, remaja, bahkan anak-anak, tapi kebanyakan itu para anak muda sih.
*fotonya di ambil pas disiring, kalau di belakangnya gini nih
keliatan gunungnya juga loh

*ini nih pas di siringnya.. bagus kannnn

*ama Abda, Farida, Khonsa, Octa, Rizki, dan Dora
(kalau yang ditengah itu saya hehe)

*ngeksis dulu nih, ceritanya ngadap laut hehe

Setelah selesai dari siring, kami semua kembali ke penginapan dan makannnnnnnnnnn yeeee.... Pas makan, ada aja candaan yang dibuat-buat. Rencana buat hari ini tuh ternyata ke pasar terus selesai sholat Jum’at mau ke Air Terjun Dua Tumpang. Sekitar 30 menit selesai makan, kami pun siap-siap pergi ke pasar Kotabaru. Suasananya rameee banget *namanya juga pasar ya pasti rame. Pasarnya ini ternyata lebih luas dari pasar di Banjarbaru.

*perjalanan menuju ke pasar nih
Di pasar ini juga dibagi lokasi-loakssi tertentu seperti lokasi dimana dijualnya ikan, daging, sayur, baju-baju dll. Emang perasaan saja atau nggak orang-orang disini penjual ikannya lumayan serem soalnya bawa pisau kemana-mana. Setelah dari pasar, kami singgah ke sebuah distro. Saya terkejut karena saya ngeliat b*nc*. Saya berusaha menahan tawa pada saat itu,  kan  nggak enak sama orangnya. B*nc* nya itu badannya kekar banget makanya jadi lucu. Sekitar 5 menit, kami pun memutuskan untuk kembali lagi ke penginapan.
                Pas udah sampai ke penginapan, saya beristirahat di kamar sambil ngobrol ama teman-teman. Ada yang sambil nonton film dan para cowonya siap-siap buat sholat Jum’at. Saking asik nya ngobrol nggak kerasa para cowonya udah pada pulang.. dan pas banget itu waktunya makan siang. Jadi dengan cepat saya ngambil posisi makan *padahal makanannya belum ada. Sekitar 10 menit akhirnya makanannya datang juga dihadapanku. Seperti biasa, porsinya itu WOW Super Besar nasinya. .......... Setelah selesai makan, saya duduk di bangku ama teman-teman sambil bakisahan. Terus kata guru pendamping kalau mau istirahat, istirahat aja soalnya nanti sekitar jam 3an mau ke air tejun ahayyy *bersorak dalam hati. Tapi bukannya istirahat, saya dan teman-teman malah makin asik ngobrol sampai nggak terasa udah jam 3. Langsung aja deh nyiapin peralatan buat kesana seperti baju ganti dll.

*perjalanan ke Air Terjun Dua Tumpang
                Ternyata perjalanan disana cukup jauh, memakan waktu sekitar 1 jam. Keadaan di bus mah seperti biasa.. selalu rame. Pas di pertengahan jalan, kami singgah sebentar ke suatu tempat. Sang supir ternyata meminta izin buat bisa masuk kesana dan alhamdulillah diizinkan. Perjalanan ke air terjun itu lumayan serem juga, jalannya berliku-liku naik gunung turun gunung dan di pinggir jalan itu kaya jurang hiiiiiiii serem banget lah pokoknya.. Setelah melewati perjalanan yang panjang, akhirnya sampai juga di Air Terjun Dua Tumpang. Tapi ternyata kami harus berjalan kaki lagi untuk sampai kesana. Nggak terlalu jauh juga sih sekitar 2-3 menit.

Akhirnya sampai juga..... Air terjunnya nggak terlalu tinggi tapi beneran bagus banget......... Sebelum nyebur seperti biasa ngeksis dulu..
Waktu itu saya mau datangin Mauna buat minta fotoin, tapi pas mau nebrang  ke batu selanjutnya eh malah kepeleset.. licin banget soalnya. Jadi malah basah sebelum waktunya.

*sama Hasti

Setelah selesai foto-foto selanjutnya saya dan teman-teman menuju ke bawah buat berenang (area khusus berenangnya). Brrrrr air nya seger banget. Pas kaki nyentuh itu geli-geli rasanya karena dibawahnya itu pasir dan ada ranting-rantingnya. Dipinggirnya sih nggak dalam tapi pas ma ketengah malah dalam banget jadi nya membatalkan niat buat berenang sampai ketengah.

*ama Rizki

*uuhhhh Rizki eksis abisss

Temen-temen yang lain pada asik berenang tapi Rizki nya menepi sebentar katanya sih kedinginan. Ada beberapa temen juga yang nggak  berenang tapi malah asik foto-foto. Pas lagi asik-asiknya berenang, hujan pun turun.. cepet-cepet deh keluar dan langsung menepikan barang-barnag ke tempat yang teduh.. Kata guru pendamping kok berenti? Saya jawab karena hujan, tapi kata guru nggak papa kalau mau berenang lagi. Jadi saya dan sebagian teman-teman kembali berenang sedangkan yang lain udah mau ganti baju. Tapi berenangnya nggak lama soalnya airnya naik. Berenangnya udahan deh.. saya ikut bebuhan yang lain buat ganti baju soalnya dingin banget.
                Pas udah selesai ganti baju, saatnya pulang deh. Kami harus melewati tangga dan tangganya it bikin cape banget nggak sama seperti pas turunnya.

*ini pas nyebrang, ada tali dipasang soalnya licin habis hujan

*suasana di dalam bus

Sekitar jam 6 sore kami sudah sampai di penginapan dan saya pun dengan segera memasuki kamar mandi.

Selesai maghrib, kami pun makan malam.. Kata temen-temenku nanti mau ke jalan-jalan lagi.. Kami pun melanjutkan jalan-jalan setelah isya. Dengan dipimpin sang ketua, kami sampai si taman Kotabaru. Tempatnya lumayan, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya. Jam tangan saya sudah menunjukkan pukul 22.00 WITA, akhirnya kami memutuskan untuk kembali lagi ke penginapan.
                Sesudah sampai di penginapan, ternyata Biki, Mauna, Octa, Wawan, Ohan, Alin dan beberapa guru pendamping mau mancing di siring jadinya saya ikut lagi deh. Seperti dugaan saya disiring kalau malam tempatnya rame banget tapi kami memilih tepat di ujung siring jadinya agak sepi. Pas lagi macing, saya melihat suatu kejadian yang seharusnya tidak saya lihat.. saya shock sekali dan teman-teman yang lain ternyata juga menyadarinya. Kejadian itu cukup lama berlangsung, kami berusaha untuk tidak menghiraukannya. Sekitar 1 jam kemudian, akhirnya pergi juga. Saya dan Biki pun pindah ke lokasi mancing yang lain, mungkin karena kami tadi semuanya ngumpuldisitu jadi ikannya curiga. Octa, Biki, Wawan dan Ohan kembali ke penginapan. Beberapa menit kemudian Octa dan Biki datang lagi. Kami pun melanjutkan memancing. Kami memancing hampir sampai jam 12 malam. Akhirnya kami semua memutuskan pulang ke penginapan tanpa mendapatkan hasil. Padahal kami sudah sabar tapi mungkin belum rezeki. Tapi nggak papa, lumayan rame juga..
                Setelah sampai ke penginapan, saya pun langsung bersiap-siap untuk tidur karena besok itu hari yang ditunggu-tunggu hehe..

Nantikan kelanjutannya sesaat lagi.
Mohon maaf kalau ada salah-salah kata ya....